Wisata Murah Mangrove Jakarta

By | October 13, 2016

twa-angke-kapuk

Informasi Mengenai Hutan Mangrove PIK

Lokasi: Taman Wisata Kapuk, Muara Pantai Indah Kapuk

Tiket masuk:

  • Dewasa: Rp25,000
  • Anak-anak: Rp10,000
  • Motor & Mobil: Rp10,000
  • Photo prewedding: Rp1,500,000

Kantor:

Telp: 0815 8030 933
Telp/Fax: 021 2903 3077
Email: twa.angkekapuk@yahoo.com

Pernah berkunjung ke hutan wisata mangrove di Jakarta? Bila belum, maka Hutan Mangrove PIK di Jakarta Utara adalah pilihan tepat bagi Anda dan keluarga yang ingin merasakan wisata murah dengan suasana hutan mangrove yang alami serta terawat. Tapi sebelumnya apakah sudah kenal dengan hutan mangrove?

Hutan Mangrove

Sebenarnya selain hutan mangrove, sebutan lain untuk hutan ini ialah hutan bakau atau juga biasa disebut dengan kawasan mangrove. Hutan mangrove ini sendiri merupakan kawasan yang unik karena merupakan pertemuan antara percabangan sungai dengan laut, dimana kawasan mangrove ini hidup berbagai jenis hewan seperti ikan air payau, hingga kepiting-kepiting lumpur.

Bila berkunjung ke hutan mangrove tidak perlu memakai sepatu yang bagus, cukup sandal atau sepatu boot, karena daerah ini merupakan daerah yang tanahnya berlumpur, semakin mendekati daerah mangrove maka lumpur akan semakin dalam.

Kondisi alam disekitar kawasan muara sungai terkadang bisa berubah-ubah mengikuti musim dan arah bulan, karena itu biasanya terjadi beberapa fenomena alam seperti pasang surut dan gelombang laut. Fenomena tersebut menyebabkan vegetasi alam sekitar beradaptasi, seperti contohnya pohon mangrove  yang hidup ditepian muara yang berlumpur memiliki akar jenis api-api yang bernapas keluar air untuk mencari udara. Gelombang laut yang menggenangi sebagian pohon mangrove menyebabkan pohon tergenang, namun akar tetaplah menyembul keluar untuk bernapas.

mangrove

Daerah hutan mangrove dihuni berbagai tumbuhan yang beberapa diantaranya hanya hidup di kawasan mangrove, inilah yang menyebabkan mengapa hutan mangrove sangat dilindungi, bukan jumlahnya yang sekian tahun semakin sedikit, namun juga karena jumlah tumbuhan yang hidup disini sangat terbatas. Selain itu hewan seperti kepiting mangrove, siput mangrove, kerang mangrove hingga ikan payau juga merupakan penghuni hutan mangrove, bisa terbayangkan bila hutan mangrove ini tidak ada maka secara otomatis lama-kelamaan hewan yang hidup disekitarnya juga akan hilang dengan sendirinya.

Jpeg

Fungsi dan Manfaat Hutan Mangrove

Fungsi alami hutan mangrove yaitu sebagai pelindung garis pantai dari pengikisan, hingga pelindung untuk gelombang laut hingga tsunami. Manfaat lainnya ialah bisa sebagai tempat rekreasi, edukasi anak untuk mencintai alam sekitar sampai tempat pengembang biakan ikan.

Setelah membaca tentang hutan mangrove, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi hutan ini, salah satunya ada di Jakarta yang terkenal dengan sebutan Hutan Mangrove PIK Jakarta.

mangrove2

Hutan Mangrove PIK Jakarta

Populer dengan nama Hutan Mangrove PIK Jakarta, namun sebenarnya Hutan Mangrove PIK Jakarta ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta didaerah Penjaringan Jakarta Utara, untuk PIK sendiri merupakan kepanjangan dari Pantai Indah Kapuk, sebuah kawasan yang dibangun oleh pengembang didaerah Jakarta Utara, kebetulan Hutan Mangrove ini berada didaerah tersebut itu mengapa hutan ini lebih dikenal dengan nama Hutan Mangrove PIK.

Hutan Mangrove PIK Jakarta ini merupakan hutan yang dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jakarta dimana terdapat Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta sebagai badan yang menjalankan tempat ini secara langsung.

Taman wisata ini sangat cocok didatangi bersama keluarga dan anak-anak, selain tempatnya yang berkonsep alam, juga bisa mengajarkan anak untuk menjaga alam, melihat-lihat hewan yang ada di kawasan Hutan Mangrove PIK ini. Lalu tempat menarik dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disini?

mangrove3

1. Rekreasi Bersama Keluarga & Sahabat

Hutan Mangrove PIK Jakarta ini merupakan lokasi yang sangat pas bagi Anda yang mencari suasana rekreasi bersama orang terdekat. Disini Anda bisa bersantai, menikmati dan bercengkrama dengan alam. Hutan Mangrove PIK Jakarta ini juga merupakan salah satu media pembelajaran bagi anak secara langsung, yakni mengenalkan alam laut dengan anak, melihat fauna seperti kepiting, bangau laut hingga ikan-ikan air payau. Sebenarnya membawa makanan dan minuman dari luar adalah hal yang dilarang ketika memasuki area Hutan Mangrove PIK, alasan ini ada karena ditakutkan nantinya ada pengunjung yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di area hutan. Namun jangan kuatir, di dalam area taman wisata terdapat kantin dimana Anda bisa memesan berbagai jenis makanan dan minuman untuk dinikmati bersama keluarga, makanan seperti nasi goring, mi instan adalah hal yang bisa ditemukan di kantin. Namun bila Anda tetap memaksa membawa makanan kedalam, mungkin ada baiknya bernegosiasi dulu dengan petugas.

2. Masjid di Atas Air

Pernah merasakan sholat ditengah hamparan hutan mangrove sekaligus diatas air? Tidak jauh dari gerbang utama Hutan Mangrove PIK, ada masjid yang dibangun diatas air. Arah kiblat masjid ini langsung menghadap ke hamparan hutan mangrove, setelah sholat Anda mungkin bisa duduk-duduk sebentar di areal masjid hanya untuk merasakan suasana alam atau sekedar ingin melihat-lihat ikan yang lalu lalang di bawah masjid.

mangrove4

mangrove63. Camping atau Berencana Menginap ?

Bila merasa tidak cukup sehari saja menikmati suasana hutan mangrove, disini pihak pengelola telah menyediakan lokasi camping ground hingga villa untuk menginap. Untuk biaya menginap ulai dari Rp300,000 hingga jutaan rupiah sesuai dengan penginapan yang Anda pilih.

mangrove5

4. Puluhan Spot Selfie Menanti Bagi yang Hobi Berphoto

Semua tempat wisata pastinya menyimpan banyak spot menarik untuk dijadikan tempat berphoto. Ada banyak sekali orang yang berphoto mulai dari pintu masuk, berphoto didepan masjid di atas air, berphoto di area kantin, di jalan setapak hutan, berphoto di menara pengamatan burung samapi berphoto seru diatas perahu?

5. Menikmati Angin Semilir di atas Menara

Letak menara ini baru akan terlihat ketika Anda berada di areal camping ground. Karena banyaknya pohon yang ada di Hutan Mangrove PIK Jakarta menyebabkan menara tidak terlalu terlihat. Siapapun bisa menaiki menara ini, namun karena puncak menara hanya bisa mengisi 5 orang dewasa saja, maka bergantianlah dengan pengunjung lain ketika ingin menaiki puncaknya. Dari atas menara ini Anda bisa melihat area taman wisata hampir secara keseluruhan, beberapa tidak terlihat karena tertutup rimbunnya hutan mangrove, diatas angina cukup kencang berhembus, terkadang terlihat burung-burung bangau laut terbang mengitari kawasan ini. Bagi Anda yang membawa anak kecil, perhatikan ketika ingin menaiki menara ini, kalau tidak perlu tidak usah mengajak anak-anak.

6. Mengelilingi Kawasan Hutan Hingga Letih

Tidak ada salahnya bukan mengelilingi kawasan ini hingga letih? Anggap saja merupakan olahraga kecil, namun sepanjang mengelilingi hutan, Anda bisa menikmati pemandangan hijau, kepiting yang lalu lalang, atau berminat menanam pohon disini?

mangrove7

7. Mengelilingi Kawasan Hutan dengan Cara Lain?

Bila Anda ingin langsung menikmati hutan mangrove lebih dekat lagi, Anda bisa mencoba wisata air di Hutan Mangrove PIK Jakarta. Disini terdapat 2 macam wisata air, yaitu dengan menaiki boat yang dikemudikan petugas atau menaiki perahu yang Anda dayung sendiri?

Kedua wisata air tersebut memiliki harga yang berbeda untuk tiap jenisnya. Berikut rinciannya:

Tiket wisata air:

  • Boat 8 T = Rp400,000
  • Boat 6 T = Rp300,000
  • Perahu dayung = Rp100,000
  • Cano = Rp100,000

mangrove8

8. Mengadakan Acara Pernikahan & Foto Pernikahan, Bisa!

Disini selain kegiatan alam, Anda juga bisa menyewa aula yang ada. Terdapat aula terbuka & aula tertutup yang siap dijadikan tempat acara. Beberapa pasangan juga terkadang melaksanakan sesi foto prewedding di lokasi dermaga wisata air dan beberapa jalan setapak di hutan mangrove. Perlu diketahui, untuk mengadakan acara Anda perlu melakukan koordinasi dengan pengelola dengan menghubungi mereka, untuk sesi prewedding dikenakan biaya sebesar Rp1,500,000 yang mana harga tersebut erupakan harga terbaru semenjak 1 April 2016.

Tips Berkunjung ke Hutan Mangrove PIK Jakarta
  • Suasana akan lebih sepi dan menyenangkan ketika Anda datang tidak di hari libur, karena dihari libur akan sangat banyak sekali orang yang datang. Bila berencana datang dihari libur, usahakan datang dihari sabtu.
  • Tidak perlu memakai sepatu yang bagus, cukup sandal saja, hal ini dikarenakan jalan setapak di hutan mangrove terbuat dari kayu bulat yang tidak rata, bahkan beberapa orang ada yang melepas sepatu dan berjalan tanpa alas kaki.
  • Perhatikan langkah ketika berjalan di jalan setapak kayu, beberapa bagian kayu ada yang rapuh & lapuk. Bila ada jalan setapak yang bolong dihimbau tidak perlu memaksakan diri untuk melewatinya.
  • Kalau tidak begitu perlu untuk berjalan dilumpur hutan maka jangan melakukan itu, karena ada banyak sarang kepiting didalam lumpur, siapa tahu kita menghancurkan sarang mereka ketika menginjak tempat berlumpur tersebut.
  • Siapkan air minum ketika berencana mengelilingi kawasan hutan, karena bila kehausan maka jarak dari hutan ke kantin cukup jauh.
  • Ketika berphoto maka pilihlah spot yang aman, karena banyak letak spot yang berada diatas air memungkinkan Anda terjatuh ketika sedang asyiknya berphoto ria.
  • Jagalah kebersihan hutan, karena bila Anda membuang sampah sembarangan maka sampah akan menutupi pinggir hutan, menutupi sarang kepiting hingga bisa terbawa kelaut.

Cara Menuju ke Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK sangagt mudah dijangkau, kendaraan pribadi mulai motor, mobil, angkutan umum hingga angkutan umum via digital. Bila Anda membawa kendaraan pribadi, maka biaya parkir disini dikenakan sebesar:

  • Untuk mobil: Rp20,000
  • Untuk motor: Rp20,000

Ada bisa memanfaatkan aplikasi google maps untuk memandu Anda kesini.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan busway untuk menuju ke Hutan Mangrove PIK, tersedia tipe busway Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang berangkat dari Monas hingga sampai ke Hutan Mangrove yang berada di belokan dekat dengan sekolah Tzu Chi. Ingat, bus ini merupakan jenis bus 3/4 yang melewati rute halte-halte dibawah ini:

Pasar Modern Pantai Indah Kapuk – Putaran Tzu Chi Center- RS Pantai Indah Kapuk – Taman Suaka Margasatwa Angke – Jembatan Muara Angke – Green Bay Pluit – Pantai Mutiara – Waduk Pluit – Landmark Pluit – Pakin – Gedong Panjang – Kota Tua – Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta) – Kota – Harmoni – Monumen Nasional (Monas) – Balaikota Jakarta – Stasiun Gambir – Tugu Tani – Halte Telkom – Balaikota Jakarta – Monas – Harmoni – Kota – Jembatan Tiga – Bandengan Selatan – Penjaringan – Pantai Mutiara – Green Bay Pluit – Jembatan Angke – Taman Margasatwa Angke – RS PIK – Tzu Chi Center – Fresh Market Pantai Indah Kapuk

Catatan: Warna merah arah dari Pantai Indah Kapuk ke Monas, warna hitam dari arah Monas ke Pantai Indah Kapuk.

Bila Anda akan menuju Hutan Mangrove PIK bukan dari arah Monas, Anda tetap bisa menaiki bus BKTB ini, Anda hanya perlu naik busway yang mengarah ke Pluit dan turun di Halte Penjaringan untuk pindah ke bus BKTB, atau Anda juga bisa naik dari Halte Monas, Harmoni, Kota, Jembatan Tiga dan Bandengan Selatan.

Sebaliknya, bila Anda akan pulang, Anda naik bus ini lagi, tapi tunggulah di halte bertandakan ikon bus dengan tulisan huruf kapital “BUS KOTA TERINTEGRASI BUSWAY”.

Anda hanya akan mengeluarkan uang Rp7000 bila melakukan 2x perjalanan dengan bus BKTB pulang pergi ke arah Monas, untuk pembayaran hanya menerima kartu Flazz dari Bank BCA, bila tidak memiliki kartu tersebut maka uang tunai sebesar Rp3500 lah untuk harga satu kali berangkat.

tzu

Nanti dari persimpangan sekolah Tzu Chi, ikuti saja jalan beraspal tersebut hingga menemukan persimpangan selanjutnya diujung jalan, selanjutnya belok kanan dan lurus saja, maka Anda akan menemukan pintu masuk disisi kiri jalan.

Pilihan lain untuk menuju kesini yaitu memesan layanan mobil/taksi , ojek online. Anda bisa menggunakan aplikasi Grab atau Uber untuk memesan layanan ini. Namun untuk masalah harga, Uber masih yang termurah.

Bila Anda berangkat dari arah Slipi (dekat Hotel Peninsula/Wisma 77), Uber hanya akan menarik tarif berkisar Rp45,500 – 60,000. Tarif bisa berubah bila jalanan cukup macet.

Untuk destinasi & tujuan yang sama, untuk GrabCar menarik tarif sebesar Rp75,000, untuk layanan GrabBike sebesar Rp24,000.

 

 

 

Disadur dari thetripcorner

 

 

pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *